Sabtu, 02 Januari 2010

Perencanaan Peserta Didik

Konsep Dasar Perencanaan Peserta Didik : perencanaan merupakan kegiatan pertama dalam hal manajerial, begitu pula dalam Manajemen Peserta Didik. Dalam perencanaan, hal yang harus diperhatikan adalah penetapan tujuan. Setelah menetapkan tujuan, maka untuk mengatur hal-hal selanjutnya akan lebih mudah. Setelah menetapkan tujuan, biasanya akan diikuti penentuan standar, metode, strategi dan hal-hal teknis lainnya. Dalam perencanaan peserta didik, khususnya dalam mengelola sebuah sekolah, ada faktor-faktor yang harus dipenuhi, yaitu :

Faktor Internal :
  • Finansial. Kegiatan sekolah haruslah menyesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah agar tidak terjadi tumpang-tindih/
  • Human Recources Assessment. Penilaian terhadap kemampuan SDM yang ada.
  • Marketing Audit. Melakukan pengecekan terhadap keuangan dan efektifitas pemasaran.
  • Operation Analysis. Kegiatan analisis operasional perencanaan, mulai dari rekrutmen hingga pembiayaan dan dievaluasi apa yang masih kurang memenuhi target.
  • Other Internal Recources. Contohnya : MIS (Management Information System) dan RD (Recources and Development)

Faktor Eksternal
  • Industri dan Market (kondisi pasar dan psikologi pasar), dalam arti, membangun sekolah sesuai dengan target konsumen, apakah masyarakat bawah atau golongan menengah ke atas
  • Kompetitor (pesaing), kita harus melihat saingan-saingan(sekolah lain) yang ada, sehingga kita bisa menetapkan beberapa hal sesuai standar yang ada di daerah itu, seperti SPP, kualitas bangunan,
  • Political dan regulatitory (kebijakan / aturan / UU), ketika kita mendirikan sebuah sekolah, kita harus tahu terlebih dahulu kebijakan/aturan pemerintah yang ada, yang berkaitan dengan pendidikan, jangan sampai menyalahi undang-undang dan akhirnya bermasalah dengan hukum
  • Sosial (Kondisi masyarakat yang ada), ketika kita mendirikan sebuah sekolah, lihat juga lingkungan sekitar, apakah kita membangun sekolah yang tepat untuk keadaan masyarakat sekitar? contohnya, jangan membangun sekolah mewah ditengah daerah miskin
  • Human Recources (SDM), ketika kita membangun sekolah, hal yang harus kita perhatikan adalah bagaimana mencari SDM yang tepat untuk sekolah ini?bagaimana mengelola SDM tersebut?
  • Macro Economic (ekonomi makro), yaitu terkait dengan rata-rata penghasilan masyarakat pelanggan, contohnya mengenai kemampuan masyarakat untuk membayar iuran sekolah
  • Technological (Operational/management based technology) sebuah sekolah tidak boleh tertinggal teknologinya, karena merupakan aset penting yang dimiliki oleh sebuah sekolah
Dalam perencanaan peserta didik, yang direncanakan tidak saja proses masuknya siswa di sekolah tersebut, melainkan juga ketika siswa tersebut akan keluar dari sekolah tersebut. Artinya, perencanaan peserta didik mencakup kegiatan perencanaan mulai dari rekrutmen siswa baru, seleksi siswa, penempatan siswa baru, masa orientasi siswa, pengadaan kegiatan ekstrakurikuler dan fasilitas Bimbingan dan Konseling, dan fasilitas layanan lainnya, hingga ke pemberhentian siswa karena mutasi atau kelulusan ataupun karena drop-out.

Maka dari itu, merencanakan peserta didik membutuhkan berbagai muatan. Diantaranya adalah strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, sistem, anggaran, standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar