Sabtu, 02 Januari 2010

Kreatifitas

(whatever one believes to be true either is true or becomes true in one's mind) (John Lilly, the centre of the cyclone)


Konsep dasar kreatifitas : kreatifitas merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan atau berkreasi (Olson). Kreatifitas juga merupakan proses menghasilkan sesuatu yang baru, baik gagasan maupun objek dalam bentuk baru atau susunan baru. Kreatifitas juga dapat berbentuk keterampilan untuk menemukan sesuatu yang baru, memandang subjek dari perspektif yang baru dan membentuk kombinasi yang baru dari 2 atau lebih konsep

Pola dasar berpikir kreatif : Imajinasi Data Evaluasi Aksi (IDEA). Ciri-ciri individu kreatif yaitu: bebas dalam kreatif, penuh daya imajinasi, curiousity (penuh rasa ingin tahu), suka pengalaman baru, penuh dengan inisiatif (tidak dipaksa tapi dikondisikan menjadi kreatif), bebas dalam berpendapat, punya minat luas, percaya diri, kritis/tidak mudah menerima, suka mengambil resiko, senang tugas yang majemuk dan terdapat keterkaitan, ulet, tidak pembosan.

Penyebab rendahnya kreatifitas : terdapat beberapa penyebab rendahnya kreatifitas pada seseorang, hal ini bisa disebabkan oleh diri orang itu sendiri maupun adanya rangsangan negatif dari luar. Beberapa penyebabnya antara lain : terlalu menekankan pada cara berpikir yang konvergen (percaya hanya ada 1 hal yang benar, cara/hal lainnya salah), lalu kurangnya wawasan seseorang sehingga menyebabkan cara berpikir kurang lentur. Ada pula beberapa hal yang dapat melemahkan kreatifitas seseorang, contohnya : rasa takut yang timbul ketika mengubah kebiasaan, rasa takut salah dan ditertawakan, dan tidak memiliki sense/rasa humor yang baik. Padahal kreatifitas dipengaruhi oleh 3 faktor penting, yaitu : lingkungan, keyakinan dan intelek.

sugesti tidak kreatif pada seseorang dapat membuat seseorang benar-benar menjadi tidak kreatif (whatever one believes to be true either is true or becomes true in one's mind) (John Lilly, the centre of the cyclone), padahal setiap orang memiliki Potensi untuk menjadi kreatif. Jadi agar kita bisa menjadi kreatif, pertama-tama kita harus mengenali terlebih dahulu kecerdasan yang kita miliki, bisa berupa : fisik, linguistik, logis, visual, spasial, musikal, naturalis, interpersonal, maupun intrapersonal. Setelah mengetahui kecerdasan yang kita miliki, lalu kita tingkatkan kreatifitas kita melalui cara-cara berikut :
  • Menjadi penjelajah, memiliki pikiran terbuka
  • Mengembangkan pertanyaan
  • Mengembangkan gagasan sebanyak-banyak nya
  • Mengembangkan cara baru untuk melakukan sesuatu
  • Keluar dari zona kenyamanan
  • Gunakan imajinasi : bayangkan bagaimana orang sukses melakukan sesuatu, bayangkan kita bicara dengan orang sukses
  • Mengisi sumber inspirasi (relaksasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar